Jadi Tukang Reparasi Bongkar Laptop

Hai, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

Saya cewek feminim, kuliah di bidang IT, tapi sebenernya nggak diajarin soal reparasi laptop. Namun prinsip saya hemat bin pelit, daripada serviskan ke orang mending dibenerin sendiri, ya gak ?

Sekalian nambah nambah ilmu buat melihat hardware laptop saya.

Tips cara membongkar laptop untuk pertama kali :
1. belilah obeng + dan - yang khusus untuk laptop, biasanya tersedia satu set.
2. foto berkala, sebelum dibongkar, maupun ketika dibongkar satu satu. agak tidak lupa.
3. beri tulisan pada mur, ini untuk bagian mana aja, itu untuk mana, biar tidak kebalik.
4. banyak-banyaklah berdoa biar tidak gagal.

Laptop yang saya bongkar ini merk Sony Vaio tipe SVE14A37CVH, dan apabila ada sesuatu saya sudah biasa reparasi sendiri, namun ini sedikit foto dari bongkaran saya.

Gambar : Hardisk

Gambar : Detail Hardisk

Gambar : DVD sudah dilepas


Gambar : Memory alias RAM ( Random Access Memory) terlihat Merk Elpida bermuatan 4GB

Gambar : Ketika casing bawah laptop terbuka

Ketika casing bawah terbuka, silahkan bersihkan dengan kuas ataupun dengan vacum cleaner khusus untuk pembersih laptop. Jika laptop bersih laptop tidak cepat panas dan tidak lambat.

Gambar: letak Processor pada laptop sony vaio tipe SVE (processor di bawah logam)

Nah pada processor itulah diberi pasta (Thermal Paste) agar laptop tetap dingin, fungsi dari Thermal Paste yaitu menghindari processor dari Overheat. Laptop atau PC pada umumnya memiliki pengaturan OTP (Overheat Temperature Protection) sistemnya mematikan secara langsung agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, biasanya OTP jalan ketika suhu kurang lebih 100 derajat celcius, tergantung konfigurasi BIOS laptop itu sendiri.

Bonus

Suatu ketika aku dimintain tolong suruh bersihin laptopnya karena panas dan berasa lambat. Aku bongkarin namun syaratnya aku suruh bawa kuas, pasta dan obeng. Karena anak jurusanku ga ada yang punya obeng laptop jadi aku membawa sendiri. Lokasi bongkarnya di sekretariat jurusan aku. NB: yang meminta tolong cowo.

Gambar : Laptop Sony Vaio punya teman saya yang kubongkar.

untuk lebih jelasnya

Gambar : Sony Vaio yang casing bawah terbuka.

Waktu membongkar ini terlihat aku menggunakan obeng multifungsi 10 in 1, harganya murah sekitar IDR 20.000. Karena praktis ada senternya juga ditengah jadi kubawa. Walau sebenernya aku punya obeng yang lebih imut dan cewe banget sih tapi sayang kalau hilang.

Desclaimer :
Merupakan pengalaman pribadi, jangan copy paste tanpa ijin.

 ⭐ Thank You ⭐

Komentar

  1. mbak, nanya aja kalo casing nya mau dijual ga, punya saya jatuh rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas ngga dijual, masi digunakan pemiliknya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa C : Lihat Array, Hapus Array, Restore Array, Reset dan Mengganti warna system

Review : Meishoku Placenta Whitening Eye Cream

Cara Memindahkan Data dari Luar ke Dalam Virtualbox